INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA Inovasi Pembelajaran Matematika: MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERWAWASAN KONSTRUKTIVIS YANG BERORIENTASI PADA GAYA KOGNITIF DAN BUDAYA

Laman

Selasa, 20 Desember 2011

MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERWAWASAN KONSTRUKTIVIS YANG BERORIENTASI PADA GAYA KOGNITIF DAN BUDAYA

ISSN 0215-8250

oleh
I Made Ardana
Jurusan Pendidikan Matematika
Fakultas MIPA, Universitas Pendidikan Ganesha
Jln. Udayana Singaraja
                                                                                   
ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu model pembelajaran Matematika berwawasan konstruktivis yang berorientasi pada gaya kognitif dan budaya siswa (model PMKGB).  Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilandasi oleh pengembangan Plomp. Pengembangan model dan perangkat dilakukan melalui dua kali uji coba, yaitu pada siswa kelas V(a/b) SD Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2003/2004. Selanjutnya, implementasi  dilakukan dua kali, yaitu pada siswa kelas V: (1) SD Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2004/2005, (2) SD No. 1 Banjar Jawa Singaraja, SD Laboratorium Undiksha Singaraja, dan SD No. 6 Banjar Jawa Singaraja Tahun Ajaran 2005/2006. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi, tes, wawancara, kuesioner, dan catatan harian. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif.  Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Syntax model PMKGB terdiri dari 4 fase, yakni Fase 1:  Pengantar;  Fase 2: Pemanfaatan konsepsi jengah dan gaya kognitif dalam kelompok kooperatif;  Fase 3 : Evaluasi (individual); Fase 4: Penghargaan Team; (2) Model PMKGB merupakan model yang valid, praktis, dan efektif; (3) Perangkat model PMKGB sangat membantu mengembangkan konsepsi jengah siswa; (4) Prestasi belajar siswa berada dalam kategori baik, dan secara umum perolehan skor siswa field-independent lebih baik dibanding dengan skor siswa field-dependent.

Kata kunci : konstruktivis, gaya kognitif, dan budaya siswa
ABSTRACT

The aim of this research is to develop a mathematics instructional model with constructivist insight and which is oriented to cognitive style and students’ culture (CCCMI model).  This research is a development research based on the Plomp. Model and tool are developed through two try-outs, i.e. in grade V (a/b) of  Singaraja Undiksha  Laboratory Elementary School, 2003/2004. Its implementation is also carried out through two experiments, i.e. in grade V of (1) Singaraja Undiksha Laboratory elementary school, the year of 2004/2005, (2) Banjar jawa elementary school No. 1, Singaraja Undiksha Laboratory elementary school, and Banjar Jawa elementary school No. 6, the year 2005/2006. Data were collected using validation sheet, test, interview, questionnaire, and daily notes. Data collected were then analyzed descriptively.  Research findings show that: (1) syntax of CCCMI model consists of 4 phases, i.e. Phase 1: Introduction, Phase 2: Utilization of the concept of jengah and cognitive style within the cooperative group, Phase 3: Individual evaluation, Phase 4: Team reward; (2) CCCMI model is a valid, practical, and effective model; (3) The instrument of CCCMI model is very useful in helping students to develop their concept of jengah; (4) Students’ achievement is in good category, and in general, scores of field-independent students are better than those of field-dependent students.

Key words : constructivist, cognitive style, and students’ culture.

Selengkapnya PDF.... Word......

1 komentar:

  1. agar penerapan model PMKGB dapat berlangsung dengan baik, guru sangat perlu menyesuaikan diri dengan gaya kognitif yang dimiliki siswa baik dengan siswa field-independent maupun siswa field-dependent. Model PMKGB diterapkan untuk materi lain diperlukan pengembangan perangkat yang memiliki ciri memuat kalimat sugesti.

    BalasHapus