INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA Inovasi Pembelajaran Matematika: PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD IMPROVING OF MATHEMATICS LEARNING ACHIEVMENT THROUGH STAD COOPERATIVE LEARNING

Laman

Selasa, 20 Desember 2011

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD IMPROVING OF MATHEMATICS LEARNING ACHIEVMENT THROUGH STAD COOPERATIVE LEARNING

JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains), Vol 14, No 1 (2009)
Lili Solikhati, siti maimunah, malikhatun ,, Sunanto ,, Bre Wirabudi.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif STAD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan materi perbandingan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri Bulukamba Tahun Pelajaran 2009/2010. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) motivasi dan minat belajar meningkat sebesar 68,5%, 2) nilai rata-rata 60,75 pada siklus I dan 72,5 pada siklus II,  dan 3) ketuntasan belajar sebesar 60% pada siklus I dan 85% pada siklus II.

Kata Kunci:  pembelajaran kooperatif tipe STAD, motivasi, dan hasil belajar matematika.

Abstract
The purpose of this research was to improve motivation and mathematics learning achievement by STAD cooperative learning. It was classroom action research with two cycles at two subject matters. Research subject was student grade seventh secondary school Bulukamba Academic Year 2009/2010. Hypothesis in this research was implementing of cooperative learning type of STAD improving motivation and mathematics learning achievement. The result of this research were 1) Student motivation and interest improved up to 68.5%, 2)The mean score of cycle I was 60.75 and Cycle II was 72.5, and 3) The study accomplishment classically of Cycle I was 60 % and Cycle I wass 85 %.

2 komentar:

  1. Penerapan Model Pembelajaran Kooferatif Type STAD dengan media VCD pembelajaran dapat meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX B SMP.Untuk meningkatkan mutu dan hasil pembelajaran melalui tindakan kelas, disarankan agar pemberian dana block grant penelitian tindakan kelas dapat dilanjutkan dan ditingkatkan baik jumlah peserta maupun jumlah dana.

    BalasHapus
  2. saya setuju model pembelajaran kooperatif tipe STAD memang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika.

    BalasHapus